Kisah Dalam Selembar Foto

Selembar foto ini kami dapatkan dari album pribadi keluarga Elok Satiti. Perempuan yang lahir di Kediri, 3 November 1934 ini punya perlakuan khusus dalam menyimpan kenangan. Beberapa foto lama milik keluarganya masih terbilang rapi dan terawat. Kini Elok Satiti menikmati masa tua di Kreongan, sebuah tempat di kabupaten Jember.

Kepada kami Elok memperlihatkan selembar foto. Terlihat beberapa pemuda berpose sambil memegang raket. Mereka adalah rekanan ayah Elok –Munasim Sukowiryo– ketika bermain badminton.

Munasim Sukowiryo pernah juga menjabat sebagai mantri kesehatan di rumah sakit umum Kreongan –kini rimah sakit paru di Jember. Selepas dari kerja, beliau sering santai bermain badminton dengan beberapa temannya. Salah satunya adalah Moch. Sroedji. Elok sendiri pernah dengan tegas menuturkan bahwa Moch. Sroedji adalah teman badminton ayahnya. Siang tadi Ia membuktikannya dengan selembar foto. Dalam foto, Sroedji berpose sedang merangkul kedua temannya –posisinya tepat ada di atas temannya yang merunduk.

Adapun tanda merah yang ada di foto tersebut adalah stempel Jepang. Menurut Elok, dulu setiap foto selalu diperiksa dan diberi stempel itu.

 

Kisah lengkapnya bisa disimak di blog RZ Hakim –>http://www.rzhakim.net/2015/09/senyum-sroedji-di-album-foto-elok-satiti.html

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *